SEKRETARIAT : PP Darul Ulum II Alwahidiyah Sarganding Gersempal Sampang, Telp 081937244767

Sabtu, 07 Februari 2015

Naqshbandi Gersempal : HADRATUS SYAIKH KHR. ABDUL WAHID KHUDZAIFAH AL-FURJANI QS.

(sumber berita dari https://www.facebook.com/groups/185009064846941/, ditulis oleh Kang Mas )


HADRATUS SYAIKH KHR. ABDUL WAHID HUDZAIFAH AL-FURJANI QS.

I.          BIODATA SINGKAT:
Al-aalim al-allamah shohibul fadlilah al-arif billah Hadlrotusy-syekh KHR. Abdul Wahid Khudzaifah al-furjani Qs. Beliau adalah ulama kharismatik yg terkenal dan di akui kealimannya sampai ke hadromaut haromain karna kitab2 karya beliau, selain terkenal dengan kealimannya juga terkenal dengan kewara'annya, kezuhudannya, halus akhlaqnya DLL.
Beliau mengasuh pondok pesantren "Darul Ulum" yg di dirikan oleh beliau di desa gersempal kecamatan omben kabupaten sampang madura, beliua juga memimpin (mursyid) salah satu thariqat mu'tabaroh "Naqsyabandiyah mudzhariyah"
Sedangkan ijazah mentalqin dzikir thariqat Naqsyabandiyah beliau peroleh dari ulama kharismatik terkenal asal kabupaten sumenep kecamatan ambunten "al-arif billah Syekh Ali Wafa Qs.

 Beliau wafat di desa gersempal pada tahun 1411 H / 1990 M.
beliau meninggalkan seorang istri Nyai Hj. Syafi'ah Mansur yang belakangan di sebut2 sebagai mursyidah. juga meninggalkan 1 putri Nyai Hj. Salimah dan 2 putra, KH. Syafi'uddin, dan KH. Ahmad Ja'far.

II.         MASA KECIL HADLROTUSY SYEKH KHR ABDUL WAHID KHUDZAIFAH QS 
Masa kecil beliau adalah masa2 yg sulit, karna masa itu adalah masa penjajahan yg mana negri ini belum merdeka.
Sehari hari beliau hanya makan seiris kelapa sebesar jari dengan gula jawa, terkadang makan segenggam buggul (red: madura, terbuat dari gaplek yg di tumbuk) itu pun jika ada jatah dari kecamatan (kecamatan= orang dulu bilang kantor bedhenah) jatahnya paling seminggu hanya satu kali.

Sedangkan pakaian yg di pakai beliau terbuat dari bahan katun yg kasar hampir sama dengan karung goni, itu pun hanya satu.
jadi jika pakaian beliau kotor maka beliau cuci sambil mandi di sumber (sumber air, di buat seperti kolam renang) dan beliau berendem di kolam itu sampai cuciannya kering, baru setelah cuciannya kering beliau selesai mandi..!
Begitulah sedikit tentang masa kecil Hadlrotusy syekh KHR. Abdul wahid hudzaifah Qs. cerita ini saya peroleh dari keponakan beliau, putra KHR. Abdul mughis hudzaifah Qs. yaitu al-karim ibnul karim KHR. Muhammad Abdul Mughis.

III.        MENULIS KITAB BERBAHASA ARAB SEBELUM MENIMBA ILMU KE NEGRI ARAB 
Hadlrotusy syekh KH. Abdul Wahid Khudzaifah Qs. sudah mulai mengarang dan menulis kitab sejak remaja, seperti kitab "IQOMATUL IBNIYAH" yang menerangkan ilmu shorrof dengan detail berbahasa arab yg halus dengan susunan kalimat yg halus pula.

Kitab tersebut beliau tulis waktu masih menimba ilmu di sebuah pondok pesantren di kota pamekasan madura, yaitu Pon-Pes Miftahul Ulum Bettet, saat itu pesantren tersebut di asuh oleh KHR. Sirojuddin Nasruddin, KHR. Sirojuddin termasuk salah satu murid dari Syaikhona Kholil Abdul Latif Bangkalan. konon beliau termasuk yg mempunyai julukan macan madura pada saat itu.
Hadlrotusy syekh KHR Abdul Wahid Khudzaifah Qs. banyak menulis kitab, mulai dari ilmu fiqh, ilmu tashowwuf, ilmu nahwu sorrof, ilmu bayan, kalam DLL.

konon, di saat beliau mengajar santri santrinya di saat itu juga beliau masih menulis kitab karangannya. sambil mengajar juga sambil menulis kitab.

IV.       DI ANGKATNYA HADLROTUSY SYEKH KHR. ABDUL WAHID HUDZAIFAH QS. MENJADI KHOLIFAHNYA SYEKH ALI WAFA MUHARRAR QS 
Pada suatu saat hadlrotusy syekh KHR. Abdul Wahid Khudzaifah Qs. sowan ke gurunya yg ada di ambunten sumenep, yaitu Syekh Ali Wafa Qs. dan sudah menjadi kebiasan bagi syekh Ali Wafa Qs jika ada muridnya yg datang dari jauh maka beliau mempersilahkan bermalam di kediamannya, karna sulitnya angkutan trnsportasi pada saat itu. maka bermalamlah Hadlrotusy syekh KH Abdul Wahid Khudzaifah Qs di kediaman syekh Ali Wafa Qs. pada waktu shubuh KH. Abdul Wahid Qs bersama ratusan murid syekh Ali Wafa lainnya yang kebetulan juga bermalam di situ berjama'ah sholat shubuh yg di imami oleh syekh Ali Wafa Qs. setelah selesai, syekh Ali Wafa Qs mengumumkan di depan ratusan murid2nya yg kebetulan pada saat itu juga bermalam di situ, bahwa syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs. di angkat menjadi mursyid. Syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs di ijazah dan di bai'at menjadi mursyid thariqat naqsyabandiyah oleh syekh Ali Wafa Qs pada waktu shubuh.
V.         SILSILAH NASAB HADLROTUSY SYEKH KHR. ABDUL WAHID HUDZAIFAH QS

Hadlrotusy syekh KHR. Abdul Wahid Khudzaifah Qs. mempunyai nasab yg bersambung kepada baginda nabi Muhammad saw. yang melalui jalur dari sebagian Wali Songo di pulau Jawa.
Salah satunya dari Sunan Giri (sayyid Muhammad Ainul Yaqin bin mMaulana Ishaq) ialah sebagai berikut:

Hadlrotusy syekh KHR. abdul wahid Qs
bin
KHR. ahmad hudzaifah Qs.
bin
KHR. banu rahmat Qs.
bin
KHR. haaibin Qs
bin
KHR. Ruba'ah Qs
bin
KHR. amir ruwasyi Qs
bin
KHR. abu syujaa' Qs
bin
Nyai Hj. syaibah Qs
binti
Syaikhona abdul allam Qs prajjan.

Dan dari jalur lainnya juga nyambung ke Syaikhona abdul allam Qs.
yaitu sebagai berikut:

KHR. abdul wahid Qs.
bin
KHR. Ahmad hudzaifah Qs.
bin
Nyai Hj aisyah (istri khr. banu rahmat)
binti
KHR. alimuddin
bin
KHR. shofyan bin
KHR. Su'adi
bin
KHR. masajid
bin
KHR. Abdul kamal

bin
Syaikhona abdul allam.

Dan syaikhona abdul allam ini nyambung ke sunan giri berikut silsilahnya:
Syaikhona abdul allam prajjan RA
bin
syekh khotib (sawunggaling pangratoh bumi) RA
bin
sayyidah nyai tambujung RA
binti
sayyid astamina Ra
bin
Sayyid hafifuddin (kiyai kabu kabu) RA
bin
sayyidah nyai keddi kakettel Ra
binti
Sayyid tamsyi (pangeran kulon) RA
bin
sayyid muhammad ainul yaqin / raden paku (sunan giri) RA
bin
maulana isahaq RA.

Dan kita sudah mengetahui bahwa silsilah nasab sunan giri itu nyambung kpd rosulullah saw.
Perlu di ketahui bahwa kalimat "al-furjani" yg ada di belakang hadlrotusy syekh KHR. Abdul Wahid Khudzaifah Qs adalah sebuah nisbat kepada sebuah desa yg bernama Prajjan. desa prajjan terletak di kecamatan camplong kabupaten sampang. kata al-furjani sudah di kenal di negeri arab khususnya oleh ulama arab. sedangkan ulama pertama yg di kenal pertama kali berada di desa prajjan adalah Syaikhona Abdul Allam bin Syekh Khotib.
 Tidak sedikit ulama & umaro di madura yg mempunyai ikatan guru dan ikatan nasab kpd beliau.

VI.        SALAH SATU KAROMATUL 'UDHMA 
KH. Abdul Wahid Khudzaifah Qs. datangi muridnya saat sakarotul maut.

Cerita ini saya peroleh dari kiyai Shiddiq desa poteran tlangoh sumenep. pada saat itu salah satu jama'ahnya sakit parah dan sangat kritis, namun di tengah kekritisannya dia beberapa kali mengeluarkan kata2 yg tak dimengerti oleh keluarga yg menjaga, dia berkata:
"pergi kau, yg mempunyai haq atas rohku adalah guruku, murobby ruhi, tunggulah guruku datang" sampai ahirnya dia sembuh selama 3 hari, setelah 3 hari dia sakit lagi, hingga keluarganya memanggil K. Siddiq, sesampainya K. Siddiq lalu si sakit berkata pada keluarga & tetangga yg menjaga "tolong keluarlah kalian semua dari ruangan ini karna guruku KH.  Abdul Wahid Khudzaifah QS telah datang bersama K. siddiq" setelah K. Siddiq masuk maka si sakit membaca sebuah bacaan yg biasa di baca oleh guru mursyid saat membai'at muridnya dalam thariqat naqsyabandiah gersempal, setelah selsai bacaan tersebut sebanyak 3x maka selesai juga hembusan nafasnya tuk selamanya.

VII.       DI BALIK TRAGEDI TENGGELAMNYA KAPAL MAWAR 
Pada tahun 1990 sebuah kapal bermuatan ratusan orang dengan rute jawa - sapudi tenggelam dan ratusan orang menjadi korban.

Di antara penumpang kapal yg bernama mawar itu, ada penumpang yg berasal dari desa poteran (pulau kecil di selatan plabuhan kalianget) dialah yg memberi kabar pertama kali kpd orang2 bahwa ada kapal besar yg tenggelam hingga ahirnya kabar menjadi menyebar luas, dia terdampar di pinggir pantai pulau kecil di desanya (poteran / tlangoh),
dia baru sadar bahwa dia termasuk penumpang kapal yg tenggelam stelah di instrogasi oleh orang2. lalu dia bercerita: di saat dirinya tenggelam bersama kapal tersebut dia sudah pasrah, namun ditengah kepasrahan itu dia di datangi hadlrotusy syekh KH. Abdul Wahid Khudzaifah Qs.
lalu dia di bawa oleh hadlrotusy syekh QS. hingga ahirnya tak sadarkan diri..! Terahir saya bersilaturrahmi kesana pada bulan september 2014 dia masih hidup dan sehat, dia adalah salah satu murid dari Syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs. dan jama'ah K. Siddiq.

VIII.      KHOLIFAH SYEKH ABDUL WAHID KHUDZAIFAH QS

Saat ini kholifah syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs. dalam thariqat naqsyabandiyah mudazhariyah adalah al-arif billah Hadlrotul murobby Syekh Ahmad Ja'far Abdul Wahid Qs.
beliau adalah putra bungsu dari Syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs.
 Syekh Ahmad Ja'far di angkat kholifah jauh sebelum syekh Abdul Wahid Khudzaifah wafat, namun beliau menutup diri tidak mau mengambil bai'at 1 murid pun.
baru setelah wafatnya syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs maka syekh Ahmad Ja'far Abdul Wahid Qs mau membai'at murid yg ingin berguru kepadanya.
Di waktu syekh Abdul Wahid Khudzaifah Qs mau pergi ke mekkah untuk menunaikan ibadah haji pada saat itu juga beliau menyerahkan semua kitab2 tentang thariqat yg berasal dari guru2 sebelumnya termasuk ijazah tertulis dari syekh Ali Wafa Ambunten Qs.
Dan saat ini thariqat tersebut di kenal dengan "Thariqat Naqsyabandiyah Gersempal" dan jama'ahnya semakin meluas, sampai ke riau pekanbaru, kalimantan tengah, selawesi, bali, jawa barat dan mayoritas jawa timur khususnya madura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar